BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Jika mendengar tentang guru sudah
pasti yang kita ingat atau pikirkan adalah kegitan pembelajaran yang guru
lakukan kepada peserta didiknya. Dalam kegiatan pembelajaran yang diakukan guru
tesebut ternyta tidak asal guru menyampaikan materi yang ada tetapi ternyata
terdapat beberapa hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum
melakukan kegiatan pembelajaran dikelas.
Hal-hal tersebut antaranya seperti
rencana untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang
efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang, seperti program satu
tahun, program semester dan juga kalender pendidikan. Kita sebagai calon guru
juga harus bisa menyusun prpgram tahunan, program semester, dan juga kalender
pendidikan, sehingga nantinya proses kegitan belajar mengajar (pembelajaran)
yang kita inginkan dapat tercapai sesuai dengan tujuannya. Dengan adanya
kebutuhan ini maka kami akan menjelaskan mengenai program tahunan, program
semester, dan juga kalender pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
definisi program dan fungsi program bagi guru?
2. Bagaimana
langkah-langkah menyususn program tahunan dan program semester?
C.
Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui definisi program dan fungsi program bagi guru.
2. Untuk
mengetahui langkah-langkah menyususn program tahunan dan program semester.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Program dan Fungsi Program Bagi Guru
1. Pengertian Program
Program merupakan pernyataan yang berisi
kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling
terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama. Biasanya suatu program mencakup
seluruh kegiatan yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau
sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya
harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.[1]
Program
sering dikaitkan dengan perencanaan, persiapan, dan desain atau rancanagan.
Desain berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata decine. Jadi desain
dalam perspektif pembelajaran adalah rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran
disebut juga dengan program pembelajaran.[2]
Berbagai defenisi tentang desain saling berbeda antara satu dengan yang lainnya
misalnya, dalam kamus bahasa Indonesia disebutkan bahwa desain berartikerangka,
persiapan atau rancangan. Menurut Harjanto mengemukakan bahwa desain ialah
berkaitan dengan penentuan apa yang akan dilakukan.[3]
2. Fungsi Program Bagi Guru
Fungsi Program bagi Guru Berkaitan dengan
kinerja guru, wujud perilaku yang dimaksud adalah kegiatan guru dalam proses
pembelajaran, yaitu bagaimana seorang guru merencanakan pembelajaran,
melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan menilai hasil belajar. [4]
Adapun fungsi atau keguanaan desain
pemebelajaran adalah :
a.
Sebagai acuan atau pedoman dalam
pelaksanan pembelajaran. Barangkali kita semua sepakat bahwa sekecil apapun
bentuk dan jenis suatu pekerjaan, mesti didahului oleh rancanagan atau
planning. Semakin matang rencana yang dipersiapkan maka akan semakin bagus pula
usaha itu dilakasanakan karena rencana yang sudah disususun akan menjadikan
acuan ataupun patokan ketika pelakasanaan usaha tersebut.[5]
b.
Menjadikan guru lebih siap dan
percaya diri dalam menjalankan tugas mengajar. Percaya diri itu akan sempurna
jika seseorang itu memiliki kesiapan untuk melakukan sesuatu. Sebagai seorang
guru persiapan atau desain itu juga berfungsi menjadikan guru itu siap untuk
melaksanakan tugasnya sebagai pengajar karena desain yang disusun oleh guru
adalah sebuah indikator jika guru tersebut telah menguasai bahan yang akan
disuguhkan dihadapan peserta didik
c.
Meningkatkan kemampuan guru.
Dengan adanya desain bagi seorang guru, akan dapat meningkatkan kemampuan guru
dalam mengajar dan akhirnya akan menjadikan pembelajaran akan berkualitas dan
bermakna bagi peserta didik.[6]
d.
Karena adanya perencanaan maka
pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif.
Dengan perencanaan, maka dapat dilakukan
suatu perkiraan (forecasting) terhadap hal-hal dalam masa pelaksanaan
yang akan dilalui. Perkiraan dilakukan menegnai potensis-potensi dan
prospek-prospek perkembangan tetapi juga mengenai hambatan-hambatan dan
resiko-resiko yang mungkin dihadapi. Perencanaan mengusahakan upaya ketidak pastian
dapat dibatasi sedini mungkin.[7]
Untuk mengembangkan suatu rencana, seseorang harus mengacu ke masa depan (forecast).[8]
Setiap akan mengajar, ia perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka
melaksanakan sebagian rencana bulanan dan rencana tahunan.[9]
Perencanaan ini berfungsi sebagi rencana jangka panjang (general long-range
planning) untuk sekolah. Disusun berdasarkan kurikulum course of studies
yang memberikan bahan-bahan tentang penegtahuan dan keterampilan yang
diperlukan bagi peserta didik pada setiap kelas/tingkat. Setiap course of
study berisikan pokok-pokok pelajaran. Kalau kurikulum atau course
itu belum teruraikan maka sebaiknya guru berusaha membuat uraiannya dalam
bentuk suatu rencana tahunan, untuk setiap mata pelajaran.[10]
B.
Langkah-Langkah Menyusun Program Tahunan dan Program Semester
1. Program Tahunan
Program tahunan merupakan program umum setiap
mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran
yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru
sebelum tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan
program-program berikutnya, seperti program semester, program mingguan, dan
program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan, yang dalam KBK
dikenal modul.[11]
Dengan demikian, penyusunan program tahunan
pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap
kompetensi dasar.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk
menegmbangkan program tahunan adalah :
a. Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas
sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran,
minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari
libur meliputi jeda tengah semester, Jeda antar semester, Libur akhir tahun
pelajaran, Hari libur keagaman, Hari libur umum termasuk hari-hari besar
nasional, Hari libur khusus.
c. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan
semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
d. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu
mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai
ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut,
serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.[12]
2. Program Semester
Dalam program pendidikan semester dipakai
satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu
program pendidikan.Masing- masing program semester sifatnya lengkap dan
merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester
segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai
dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat
ditentukan lulus atau tidak. Program semester berisikan garis-garis besar
mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program
tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai
kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu
keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.[13]
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang
hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.
Langkah-langkah perancangan program semester adalah:
a. Menghitung jumlah Hari Belajar
Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam
satu tahun.
b. Mendistribusikan alokasi waktu
yang disediakan untuk suatu KD serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta
review materi.
Sedangkan Target yang harus dicapai pada pemahaman KD:
1) Materi pokok yang sesuai dengan
kompetensi dasar yang bersesuaian
2) Tingkat kedalaman materi yang
dibahas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang bersesuaian
3) Perkiraan waktu yang dibutuhkan
untuk membuat siswa kompeten terhadap kompetensi dasar yang bersangkutan
c. Guru selanjutnya menentukan
alokasi waktu dari setiap Kompetensi Dasar (KD), yakni:
1) Alokasi waktu dirinci untuk
setiap Kompetensi Dasar.
2) Alokasi waktu pembelajaran
untuk setiap KD tergantung pada Kompleksitas KD, Keluasan KD, Strategi/metode
pembelajaran, dan Alat, bahan, dan sumber belajar yang tersedia.[14]
Sedangkan
Contoh program tahunan dan program semester (terlampir)
LAMPIRAN LAMPIRAN
Lampiran 1 contoh Format program Tahunan
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SD inpres 49 lempang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Jumlah Minggu
Efektif : …………………………………
Jumlah Jam /
Minggu : …………………………………
Kelas /
Semester : I / 1
& 2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Smt
|
Standar
Kompetensi
|
No
KD
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
(jam) |
Jumlah
Pertemuan
|
||||
I
|
1. Menghafal alqur’an
|
1.1
|
Melafalkan QS Al-Fatihah dengan
lancar
|
||||||
1.2
|
Menghafal QS Al-Fatihah dengan
lancar
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
2. Mengenal Rukun Iman
|
2.1
|
Menunjukkan ciptaan Allah SWT
melalui ciptaan-Nya
|
|||||||
2.2
|
Menyebutkan enam Rukun Iman
|
||||||||
2.3
|
Menghafal enam Rukun Iman
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1
|
Membiasakan perilaku jujur
|
|||||||
3.2
|
Membiasakan perilaku bertanggung
jawab
|
||||||||
3.3
|
Membiasakan perilaku hidup bersih
|
||||||||
3.4
|
Membiasakan perilaku disiplin
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
4. Mengenal tata cara bersuci
(taharah)
|
4.1
|
Menyebutkan pengertian bersuci
|
|||||||
4.2
|
Mencontoh tata cara bersuci
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
5. Mengenal Rukun Islam
|
5.1
|
Menirukan ucapan Rukun Islam
|
|||||||
5.2
|
Menghafal Rukun Islam
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
JUMLAH
|
|||||||||
II
|
6. Menghafal alqur’an surat-surat
pendek pilihan
|
6.1
|
Menghafal QS Al Kausar dengan
lancar
|
||||||
6.2
|
Menghafal QS An-Nasr dengan lancar
|
||||||||
6.3
|
Menghafal QS Al-‘Asr dengan lancar
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
7. Mengenal dua kalimat syahadat
|
7.1
|
Melafalkan syahadat tauhid dan
syahadat rasul
|
|||||||
7.2
|
Menghafal dua kalimat syahadat
|
||||||||
7.3
|
Mengartikan dua kalimat syahadat
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
8. Membiasakan perilaku terpuji
|
8.1
|
Menampilkan perilaku rajin
|
|||||||
8.2
|
Menampilkan perilaku
tolong-menolong
|
||||||||
8.3
|
Menampilkan perilaku hormat
terhadap orang tua
|
||||||||
8.4
|
Menampilkan adab makan dan minum
|
||||||||
8.5
|
Menampilkan adab belajar
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
9. Membiasakan bersuci (taharah)
|
9.1
|
Menyebutkan tata cara berwudu
|
|||||||
9.2
|
Mempraktekkan tata cara berwudu
|
||||||||
Uji Kompetensi
|
|||||||||
JUMLAH
|
|||||||||
Mengetahui
Kepala Sd
inpres 49 lempang
Andi muh saleh
NIP.
|
Kukusan , …………………… Guru
pendidikan Agama Islam
Mawar
|
||||||||
Lampiran II format program semester
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
MATA PELAJARAN : Agama Islam
KELAS / SEMESTER : IV (empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Mengenal
Malaikat dan tugasnya
AQIDAH
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
6.1.Menjelaskan pengertian
malaikat
|
1. Menjelaskan
pengertian malaikat
2. menceritakan
tentang kejadian Malaikat
3. Menyebutkan
sifat Malaikat
4. Menyebutkan
hikmah beriman kepada Malaikat
|
Iman Kepada
Malaikat
|
|||||||||||||||||||||||||||||
6.2.Menyebutkan nama-nama Malaikat
|
1. Menyebutkan
10 nama Malaikat
2.Menghafal nama-nama 10 malaikat
|
Nama-nama Malaikat
|
|||||||||||||||||||||||||||||
6.3.Menyebutkan tugas-tugas malaikat
|
1. Menjelaskan tugas-tugas malaikat
2.Menjelaskan
masing-masing tugas 10 malaikat
3. Menghafal tugas masing-masing
malaikat
|
Tugas-tugas
malaikat
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Uji
Kompetensi
|
2 JP
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Remedial
|
2 JP
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Pengayaan
|
2 JP
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru
Kelas / Guru MP
Andi Muh Saleh Mawar
NIP.
[1]Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo,
Manajemen Pendidikan, (Jakarta: ...Kencana, 2009), h. 349
[3] Mardia hayati, Desain
Pembelajaran Berbasis Karakter, (Pekanbaru: Al- Mujtahadah ..Press, 2012), h. 11
[5] Mardia hayati, Op.Cit., h. 17
[8] Oemar Hamalik, , Manajemen Pengembangan
Kurikulum, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya , 2010), h. 33
[9] Departemen Agama RI, h. 63
[10] Ibid., h. 87
[11] Mulyasa, Op.Cit., h. 95
[12] Ahmad sodiqiy dan Djunaidatul
Munawwarah,,
Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI, (Samarinda:T.tp, 2011), h..
22
[13] Mulyasa, Op.Cit., h. 98
[14]Widyaiswara, Penyusunan
prota dan Prosem sesuai kurikulum 2013 bagi guru MTS dalam, https://bdkse..marang.kem..enag.go.id/penyusunan-prota-dan-promes-sesuai-kurikulum-2013-bagi-guru-mts/ diakses pada tanggal 18
April 2018 23:34 WITA
sampai di sini yha postingan kali ini,, muda-mudahan kita berjumpa di lain waktu, dengan postingan yang berbeda, wassalamu'alaikum wr,wb
0 Silahkan Berkomentar Blogger 0 Facebook
Post a Comment
Sampaikanlah kritik dan saran anda yang bersifat membangun di kolom komentar untuk kesempurnaan dan kenyamanan anda dalam membaca. Terima kasih atas kerja samanya.
klik di sini untuk melihat kode!
Untuk memasukkan emotikon Anda harus menambahkan setidaknya satu spasi sebelum kode.