Member - Blog ~ Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. bacalah sampai selesai postingan berikut ini muda mudahan ada yang tinggal di otak anda,,, =>


BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar  Belakang  Masalah

Jika mendengar tentang guru sudah pasti yang kita ingat atau pikirkan adalah kegitan pembelajaran yang guru lakukan kepada peserta didiknya. Dalam kegiatan pembelajaran yang diakukan guru tesebut ternyta tidak asal guru menyampaikan materi yang ada tetapi ternyata terdapat beberapa hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dikelas.
Hal-hal tersebut antaranya seperti rencana untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang, seperti program satu tahun, program semester dan juga kalender pendidikan. Kita sebagai calon guru juga harus bisa menyusun prpgram tahunan, program semester, dan juga kalender pendidikan, sehingga nantinya proses kegitan belajar mengajar (pembelajaran) yang kita inginkan dapat tercapai sesuai dengan tujuannya. Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan menjelaskan mengenai program tahunan, program semester, dan juga kalender pendidikan.

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana definisi program dan fungsi program bagi guru?
2.      Bagaimana langkah-langkah menyususn program tahunan dan program semester?

C.    Tujuan Penulisan

1.      Untuk mengetahui definisi program dan fungsi program bagi guru.
2.      Untuk mengetahui langkah-langkah menyususn program tahunan dan program semester.



BAB II

PEMBAHASAN


A.    Definisi Program dan Fungsi Program Bagi Guru

1.      Pengertian Program
Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama. Biasanya suatu program mencakup seluruh kegiatan yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.[1]
Program sering dikaitkan dengan perencanaan, persiapan, dan desain atau rancanagan. Desain berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata decine. Jadi desain dalam perspektif pembelajaran adalah rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran disebut juga dengan program pembelajaran.[2] Berbagai defenisi tentang desain saling berbeda antara satu dengan yang lainnya misalnya, dalam kamus bahasa Indonesia disebutkan bahwa desain berartikerangka, persiapan atau rancangan. Menurut Harjanto mengemukakan bahwa desain ialah berkaitan dengan penentuan apa yang akan dilakukan.[3]


2.       Fungsi Program Bagi Guru
Fungsi Program bagi Guru Berkaitan dengan kinerja guru, wujud perilaku yang dimaksud adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran, yaitu bagaimana seorang guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan menilai hasil belajar. [4]
Adapun fungsi atau keguanaan desain pemebelajaran adalah :
a.         Sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanan pembelajaran. Barangkali kita semua sepakat bahwa sekecil apapun bentuk dan jenis suatu pekerjaan, mesti didahului oleh rancanagan atau planning. Semakin matang rencana yang dipersiapkan maka akan semakin bagus pula usaha itu dilakasanakan karena rencana yang sudah disususun akan menjadikan acuan ataupun patokan ketika pelakasanaan usaha tersebut.[5]
b.        Menjadikan guru lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan tugas mengajar. Percaya diri itu akan sempurna jika seseorang itu memiliki kesiapan untuk melakukan sesuatu. Sebagai seorang guru persiapan atau desain itu juga berfungsi menjadikan guru itu siap untuk melaksanakan tugasnya sebagai pengajar karena desain yang disusun oleh guru adalah sebuah indikator jika guru tersebut telah menguasai bahan yang akan disuguhkan dihadapan peserta didik
c.         Meningkatkan kemampuan guru. Dengan adanya desain bagi seorang guru, akan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan akhirnya akan menjadikan pembelajaran akan berkualitas dan bermakna bagi peserta didik.[6]
d.        Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif.
Dengan perencanaan, maka dapat dilakukan suatu perkiraan (forecasting) terhadap hal-hal dalam masa pelaksanaan yang akan dilalui. Perkiraan dilakukan menegnai potensis-potensi dan prospek-prospek perkembangan tetapi juga mengenai hambatan-hambatan dan resiko-resiko yang mungkin dihadapi. Perencanaan mengusahakan upaya ketidak pastian dapat dibatasi sedini mungkin.[7] Untuk mengembangkan suatu rencana, seseorang harus mengacu ke masa depan (forecast).[8] Setiap akan mengajar, ia perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian rencana bulanan dan rencana tahunan.[9] Perencanaan ini berfungsi sebagi rencana jangka panjang (general long-range planning) untuk sekolah. Disusun berdasarkan kurikulum course of studies yang memberikan bahan-bahan tentang penegtahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi peserta didik pada setiap kelas/tingkat. Setiap course of study berisikan pokok-pokok pelajaran. Kalau kurikulum atau course itu belum teruraikan maka sebaiknya guru berusaha membuat uraiannya dalam bentuk suatu rencana tahunan, untuk setiap mata pelajaran.[10]

B.     Langkah-Langkah Menyusun Program Tahunan dan Program Semester

1.      Program Tahunan
Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan, yang dalam KBK dikenal modul.[11]
Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menegmbangkan program tahunan adalah :
a.       Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b.      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi jeda tengah semester, Jeda antar semester, Libur akhir tahun pelajaran, Hari libur keagaman, Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, Hari libur khusus.
c.       Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
d.      Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.[12]
2.      Program  Semester
Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan.Masing- masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak. Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.[13] Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.
Langkah-langkah perancangan program semester  adalah:
a.       Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
b.      Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu KD serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
Sedangkan Target yang harus dicapai pada pemahaman KD:
1)   Materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar yang bersesuaian
2)   Tingkat kedalaman materi yang dibahas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang bersesuaian
3)   Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membuat siswa kompeten terhadap kompetensi dasar yang bersangkutan
c.       Guru selanjutnya menentukan alokasi waktu dari setiap Kompetensi Dasar (KD), yakni:
1)   Alokasi waktu dirinci untuk setiap Kompetensi Dasar.
2)   Alokasi waktu pembelajaran untuk setiap KD tergantung pada Kompleksitas KD, Keluasan KD, Strategi/metode pembelajaran, dan Alat, bahan, dan sumber belajar yang tersedia.[14]
            Sedangkan Contoh program tahunan dan program semester (terlampir)

LAMPIRAN LAMPIRAN

Lampiran 1 contoh Format program Tahunan
PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan                  : SD inpres 49 lempang
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam
Jumlah Minggu Efektif           : …………………………………
Jumlah Jam / Minggu              : …………………………………
Kelas / Semester                      : I / 1 & 2
Tahun Pelajaran                       : 2017/2018

Smt
Standar Kompetensi
No KD
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(jam)
Jumlah Pertemuan
I
1.       Menghafal alqur’an surat pendek pilihan
1.1
Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar


1.2
Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar



Uji Kompetensi


2.       Mengenal Rukun Iman
2.1
Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya


2.2
Menyebutkan enam Rukun Iman


2.3
Menghafal enam Rukun Iman



Uji Kompetensi


3.       Membiasakan perilaku terpuji
3.1
Membiasakan perilaku jujur


3.2
Membiasakan perilaku bertanggung jawab


3.3
Membiasakan perilaku hidup bersih


3.4
Membiasakan perilaku disiplin



Uji Kompetensi


4.       Mengenal tata cara bersuci (taharah)
4.1
Menyebutkan pengertian bersuci


4.2
Mencontoh tata cara bersuci



Uji Kompetensi


5.       Mengenal Rukun Islam
5.1
Menirukan ucapan Rukun Islam


5.2
Menghafal Rukun Islam



Uji Kompetensi



JUMLAH


II
6.       Menghafal alqur’an surat-surat pendek pilihan
6.1
Menghafal QS Al Kausar dengan lancar


6.2
Menghafal QS An-Nasr dengan lancar


6.3
Menghafal QS Al-‘Asr dengan lancar



Uji Kompetensi


7.       Mengenal dua kalimat syahadat
7.1
Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul


7.2
Menghafal dua kalimat syahadat


7.3
Mengartikan dua kalimat syahadat



Uji Kompetensi


8.       Membiasakan perilaku terpuji
8.1
Menampilkan perilaku rajin


8.2
Menampilkan perilaku tolong-menolong


8.3
Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua


8.4
Menampilkan adab makan dan minum


8.5
Menampilkan adab belajar



Uji Kompetensi


9.       Membiasakan bersuci (taharah)
9.1
Menyebutkan tata cara berwudu


9.2
Mempraktekkan tata cara berwudu



Uji Kompetensi



JUMLAH



Mengetahui
Kepala Sd inpres 49 lempang




    Andi muh saleh
    NIP.




Kukusan , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




Mawar



Lampiran II format program semester
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

MATA PELAJARAN      :     Agama Islam
KELAS / SEMESTER    :     IV (empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi     :     6.   Mengenal Malaikat dan tugasnya

AQIDAH
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6.1.Menjelaskan pengertian malaikat 
1.         Menjelaskan pengertian malaikat
2.         menceritakan tentang kejadian Malaikat
3.         Menyebutkan sifat Malaikat
4.         Menyebutkan hikmah beriman kepada Malaikat 
Iman Kepada Malaikat





























6.2.Menyebutkan nama-nama Malaikat
1.         Menyebutkan 10 nama Malaikat
2.Menghafal nama-nama 10 malaikat         
Nama-nama Malaikat





























6.3.Menyebutkan tugas-tugas malaikat
1.         Menjelaskan tugas-tugas malaikat
2.Menjelaskan masing-masing tugas 10 malaikat
3.         Menghafal tugas masing-masing malaikat         
Tugas-tugas malaikat





























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI                                                                                                                                   Guru Kelas / Guru MP


               Andi Muh Saleh               Mawar
               NIP.                                                                                                                                                                    





[1]Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: ...Kencana, 2009), h. 349
[2] Mudasir, Desain Pembelajaran, Indragiri  (Hulu : STAI Nurul Falah, 2012), h. 1
[3] Mardia hayati,  Desain Pembelajaran Berbasis Karakter, (Pekanbaru: Al- Mujtahadah ..Press, 2012), h. 11
[4] Rusman, Manajemen Kurikulum, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009), h. 319
[5] Mardia hayati, Op.Cit., h. 17
[6] Ibid., h. 17-18
[7] Udin Syaefudin Sa’ud, Perencanaan Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009),  h. 33
[8] Oemar Hamalik, , Manajemen Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya , 2010), h. 33
[9] Departemen Agama RI,  h. 63
[10] Ibid., h. 87
[11] Mulyasa, Op.Cit., h. 95
[12] Ahmad sodiqiy dan  Djunaidatul  Munawwarah,, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI, (Samarinda:T.tp, 2011),  h.. 22
[13] Mulyasa, Op.Cit., h. 98
[14]WidyaiswaraPenyusunan prota dan Prosem sesuai kurikulum 2013 bagi guru MTS dalam,  https://bdkse..marang.kem..enag.go.id/penyusunan-prota-dan-promes-sesuai-kurikulum-2013-bagi-guru-mts/ diakses pada tanggal 18 April 2018 23:34 WITA

 sampai di sini yha postingan kali ini,, muda-mudahan kita berjumpa di lain waktu, dengan postingan yang berbeda, wassalamu'alaikum wr,wb

0 Silahkan Berkomentar Blogger 0 Facebook

Post a Comment

Sampaikanlah kritik dan saran anda yang bersifat membangun di kolom komentar untuk kesempurnaan dan kenyamanan anda dalam membaca. Terima kasih atas kerja samanya.

 
Copyright © 2014 -. Member Blog ( Mb ) All Rights Reserved. Powered by Blogger
Privacy Policy Top