PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
       Dalam  materi ini secara singkat akan di kemukakan beberapa teori yang melandasi beberapa aspek perkembangan anak. Khususnya dalam materi ini akan di bicarakan teori dari Erick Erikson yang akan membicarakan tahapan psikososial dan Jean Piaget dengan perkembangan kognotifnya. Pemahaman terhadap teori tahapan perkembangan ini di harapkan dapat mempermudah pemahaman anda terhadap anak prasekolah.
       Perkembangan manusia adalah topic yang cukup sulit untuk didiskusikan.Dengan demikian, dalam menganalisis berbagai tingkah laku seseorang. Maka dari itu anda harus memahami teori yang akan di bahas pada materi ini.
       Anak prasekolah adalah mereka yang telah berusia antara 3-6 tahun menurut Biechler dan Snowman (1993).Mereka biasanya mengikuti program prasekolah dan kinderganten.[1]
B.       Rumusan Masalah
1.        Bagaimana pengertian anak prasekolah?
2.        Bagaimana pertumbuahan dan perkembangan anak prasekolah?
3.        Tokoh-tokoh yang menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan?

PEMBAHASAN


A.      Mengenal Anak Prasekolah
       Sebelum masuk pada pembahasan berikutnya yang pertama saya akan menjelaskan pengertian anak prasekolah. Apakah yang dimaksud anak prasekolah itu?
       Yang dimaksud dengan anak prasekolah adalah mereka yang telah berusia antara 3-6 tahun menurut Biechler dan Snowman (1993).Mereka biasanya mengikuti program prasekolah dan kinderganten. Sedangkan di Indonesia, umunya mereka mengikuti  program Tempat Penitipan Anak (3 balan – 5 tahun) dan Kelompok Bermain (usia 3 tahun), sedangkan pada usia 4-6 tahun biasanya mereka mengikuti program Taman Kanak-Kanak.
       Menurut teori Erick Erikson yang membicarakan perkembangan kepribadian seseorang dengan titik berat pada perkembangan psikososial tahapan 0-1 tahun, berada pada tahapan oral sensorik dengan krisis emosi antara trust versus mistrust’, tahapan 3-6 tahun, mereka berada dalam tahapan dengan krisis ‘autonomi versus shame & doubt’ (2-3 tahun), krisis industry versus inferiority’.
       Dari teori Piaget yang membicarakan perkembangan kognitif, perkembangan dari tahapan sensiromotor (0-2 tahun), praoperasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-12 tahun), dan operasional formal (12-15 tahun), maka perkembangan kognitif anak masa prasekolah berada pada tahap praoperasional.
B.       Tumbuh dan Berkembangnya anak prasekolah
       Tumbuh berarti bertambah dalam ukuran.Tumbuh dapat berarti bahwa sel tubuh bertambah banyak atau sel tumbuh dalam ukuran.Mengukur pertumbuhan biasanya dilakukan dengan menimbang dan mengukur tubuh anak.Relatif, melaksanakan pengukuran ini relatif lebih mudah dibandingkan mengukur prkembngan sosial atau perkembangan kepribadian seseorang.
       Pertumbuhan di pengaruhi oleh jumlah dan macam makanan yang di komsumsi tubuh.Hubungan antara makanan yang di komsumsi tubuh dan pertumbuhan badan menjadi perhatian para ahli gizi.Namun kenyataannya pertumbuhan tubuh tidak hannya di pengaruhi oleh makanan yang di komsumsi saja tetapi juga proses sosial.Baik tidaknya makanan tersebut dapat di seraf tubuh tergantung pula oleh taraf kesehatan anak. Anak yang sedang diare, tentu badan tidak akan tumbuh menyerap makanan dengan baik. Pertumbuhan anak juga dii pengaruhi perkembangan sosial, psikologis, dan oleh kualitas hubungan anak dengan pengasuh yang bebas dari stress.
C.      Tokoh dalam Perkembangan dan kepribadian dan Kognitif
1.      Erik Erikson
       Ia dilahirkan di Jerman dari orang tua yang berketurunan Denmark. Erikson tidak berhasil menyelasaikan pendidikan sekolah menengah tingkat atas dan ia mengikuti pendidikan di bbidang seni. Pada usia 25 tahun ia membantu seorang wanita Anerika yang membuka sekolah untuk anak-anak di Wina. Akhirnya Erikson di perkenalkan kepada Freud yang kemudian menawarkan agar Erikson menjadi seorang psikologis.Erikson cepat menyelasaikan psikoanalis tepat ketika Hitler berkuasa di Eropa.Penjelasan Erikson mengenai perkembangan kepribadian seseorang berdasarkan prinsip epigenesist.epigenesis adalah munculnya suatu yang baru dan yang terjadi secara kualitatif, tidak berkesinambungan.
Tahap perkembangan psokososial (Erikson 1963)             
       Trust versus Mistrust(dari sejak lahir – 1 tahun). Sikap dasar psikososial yang di pelajari oleh bayi, bahwa mereka dapat mempercayai langkungannya. Timbulnya Trust (percaya) di bantu oleh adanya pengalaman yang terus menerus, berkesinambungan, adanya pengalaman yang ada kesamaanya dengan ‘trust’ dalam pemenuhan kebutuhan darar bayi oleh orang tuanya. Apabila anak terpenuhi kebutuhan dasarnya dan apabila orang tuanya memberikan kasih sanyang dengan tulus, anak akan berpendapat bahwa dunianya (lingkungannya) dapat di percaya atau di andalkan. Sebaliknya apabila pengasuhan yang di berikan orang tua kepada anaknya tidak memberikan/ memenuhi kebutuhan dasar yang di perlukan anak, tidak konsisten atau sifatnya negatif, anak akan cemas dan mencurigai lingkungannya.[2]


2.      J. Piaget
       Piaget dilahirkan di kota universitas yang kecil, Nuechatel, Sswiss pada tahun 1896. Ayahnya seorang professor dalam sejarah.Dengan demikian, Piaget di besarkan dalam satu kelurga yang beriorientasi dapat pendidikan sekolah.
            Tahap perkembangan Kognitif
-          Tahapan sensorimotor. Anak sejak lahir sampai sekitar satu dan dua tahun memahami objek di sekitarnya melalui sensori dan aktivitas motor atau gerakannya. Karena pada bulan-bulan pertama anak belum mampu bergerak dalam ruangan, ia lebih mendapatkan pengalaman dari tubuh dan indranya sendiri. Pada tahapan ini ia akan meniru tingkah laku orang-orang lain  bahkan ia meniru tingkah laku orang dan binatang sementara itu model yang di tiru sudah tidak tampak lagi.
-          Tahap praoperasional. Proses berpikir anak berpusat pada penguasaan symbol-simbol (misalnya kata-kata), yang mampu mengunkapkan pengalaman masa lalu.  Menurut pandangan orang dewasa cara berpikir dan tingkah laku  anak tidak logis. Pada tahapan ini anak juga masih mengalami kesulitan dalam masalah ’perpection centration’.  Biasanya anak pada tahapan ini mereka hannya berkonstrasi pada satu ciri, sedangkan ciri lain di abaikan. “Egocentrism”, pada anak prasekolah tidak berarti mementingkan diri sendiri. Anak prasekolah tidak dapat melihat sesuatu dari pandangan orang lain.
-          Tahap operasional konkret. Pada tahapan ini anak mulai mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan conservasi.
D.      Ciri Tahapan Perkembangan Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Prasekolah
1.      Perkembangan  jasmani
       Melalui pengamatan perkembangan jasmani, pertumbuhan bersifat  cephalo-caudal (mulai dari kepala menuju bagian tulang ekor) dan proximo-distal (mulai dari bagian tengah ke arah tepi tubuh). Gerakan otot kasar lebih dahulu berkembang sebelum gerakan otot halus.Pengendalian otot kepala dan lengan lebih dahulu berkembang dari pengendalian otot kaki. Demikian pula, anak-anak lebih dahulu mampu mengendalikan otot lengan dan baru kemudian otot tangan yang akan dipergunakan untuk menulis dan memotong dengan gunting.[3]
2.      Perkembangan kognitif
       Kognitif seringkali di artikan sebagai kecerdasan atau berpikir.Kognitif adalah pengertian yang luas mengenai berfikir dan mengamati, jadi merupakan tingkah laku –tingkah laku yang mengakibatkan orang memperoleh pengetahuan atau yang di butuhkan untuk menggunakan pengetahuan. Perkembangan kognitif menunjukkan perkembangan dari cara anak berpikir. Kemampuan anak untuk mengkoordinasikan berbagai cara berpikir untuk menyelesaikan berbagai masalah dapat di pergunakan sebagai tolok ukur pertumbuhan kecerdasan.
       Perkembangan kognitif pada anak-anak di jelaskan dengan berbagai teori dengan berbagai peristilahan.Pandangan aliran tingkah laku (behaviorisme) berpendapat bahwa pertumbuhan kecerdasan melalui terhimpunnya informasi yang makin bertambah. Sedangkan aliran ‘interectionis’ atau  developmentalis’, berpendapat bahwa pengetahuan berasal dari interaksi anak dengan lingkungan anak. Selanjutnya di kemukakan bahwa perkembangan kecerdasan di pengaruhi oleh faktor kematangan dan pengalaman.Perkembangan kognitif dinyatakan dengan pertumbuhan kemampuan merancang, mengikat dan mencari penyelesaian masalah yang dihadapi.
3.      Perkembangan Bahasa
       Dalam membicarakan perkembangan bahasa terdapat 3 butir yang perlu di bicarakan, yaitu:
a.       Ada perbedaan antara bahasa dan kemampuan berbicara. Bahasa biasanya di pahami sebagai sistem tatabahasa yang rumit dan bersifat semantic, sedangkan kemampuan bicara terdiri dari ungkapan dalam bentuk kata-kata. Walaupun bahasa dan kemampuan berbicara sangat dekat hubungannya, keduanya berbeda.
b.      Terdapat dua daerah pertumbuhan bahasa yaitu bahasa yang bersifat pengertian/reseptif (understanding) dan pernyataan/ekspresif (producing). Bahasa pengertian (misalnya mendengarkan dan membaca) menunjukkan kemampuan anak untuk memahami dan berlaku terhadap komunikasi yang di tujukan kepada anak tersebut. Bahasa ekspresif (bicara dan tulisan) menunjukkan ciptaan bahasa yang di komunikasikan kepada orang lain.
c.       Komunikasi diri atau bicara dalam hati, juga harus di bahas. Anak akan berbicara dengan dirinya sendiri apabila berkhayal, pada saat merencanakan menyelasaikan masalah, dan menyerasikan gerakn mereka.
       Anak-anak secara berharap berubah dari melakukan ekspresi suara saja lalu berekspresi dengan berkomunikasi, dan dari hannya berkomunikasi dengan menggunakan gerakan dan isyarat untuk menunjukkan kemauannya, berkembang menjadi komunikasi melalui ujaran yang tepat dan jelas.
       Anak prasekolah biasanya telah mampu mengembangkan keterampilan bicara melalui percakapan yang dapat memikat orang lain. Mereka dapat menggunakan bahasa dengan berbagai cara, antara lain dengan bertanya, melakukan dialog dan menyayi.[4]


[1]Soemiarti Padmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, (cet; II, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003) hal. 18-19.
[2]ibid.hal. 19-21
[3]Ibid, hal. 23-25
[4]Ibid, hal. 27-29

0 Silahkan Berkomentar Blogger 0 Facebook

Post a Comment

Sampaikanlah kritik dan saran anda yang bersifat membangun di kolom komentar untuk kesempurnaan dan kenyamanan anda dalam membaca. Terima kasih atas kerja samanya.

 
Copyright © 2014 -. Member Blog ( Mb ) All Rights Reserved. Powered by Blogger
Privacy Policy Top